Beberapa waktu lalu seorang teman meminta kepada saya agar mencarikan
hadits-hadits yang berkaitan dengan keutamaan membaca dan menghafal alqur’an.
Sebenarnya hadits-hadits semacam itu sudah cukup banyak terdapat dalam
buku-buku khusus yang membahas tema tersebut , demikian kata saya. Tapi karena kepentingan
untuk dijadikan referensi dalam karya ilmiah wajib maka diminta untuk langsung
dicarikan pada buku hadits aslinya lengkap dengan sanad dan terjemahnya maka
saya pun mengerjakan hal yang diminta teman tersebut. Hasilnya seperti yang
dapat dibaca dalam posting kali ini. Semoga bermanfaat.
Penomoran halaman , atau bab atau penomoran hadits berdasarkan cetakan
kitab hadits seperti yang dicantumkan dalam sumber kepustakaan sehingga sangat
mungkin berbeda dengan cetakan lainnya.
Hadits 1 :
Sunan Ibnu Majah Juz I Hlm 140 Hadits no 215 Bab Fadhlu Man Ta’allamal Qur’aan wa
‘Allamahu (Keutamaan Orang
Yang mempelajari Alqur’an dan Mengajarkannya)
حَدثَنَا بَكْرٌ بْنِ خَلَف أبُو بِشْر . حَدثنا عَبْدُ
الرحْمَن بن مَهْدِي . حَدثَنَا عَبْدُ الرَحْمَن بن بُدَيْل عَنْ أبِيْهِ عَنْ أنَس
بن مَالِك قال :قالَ رَسُولُ الله صَلى
اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلم ( أَن لِله أَهْلِينَ مِنَ الناس ) قَالُوا يَا رَسُولَ
الله مَنْ هُمْ ؟ قَالَ ( هُمْ أَهْلُ القُرْآنِ أَهْلُ اللهِ وَخَاصتُه(
Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah ia berkata
: diriwayatkan kepada kami oleh Bakr bin Khalaf Abu Bisyir ia berkata :
diriwayatkan kepada kami oleh Abdurrahman bin Mahdi ia berkata : diriwayatkan
kepada kami oleh Abdurrahman bin Budail dari Ayahnya dari Anas bin Malik ia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam bersabda : sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.
Mereka berkata : wahai Rasulullah siapakah gerangan mereka itu ? Rasulullah
berkata : mereka adalah Ahlul Qur’an, merekalah keluarga Allah dan orang
dekatnya.
Syarah Hadits : yang dimaksud dengan Ahlul
Qur’an adalah para penghafal dan mengamalkannya. Sedangkan yang dimaksud dengan
Ahlullah – keluarga Allah – adalah para wali Nya yang sangat dekat denganNya seumpama
dekatnya seseorang dengan keluarga dekatnya atau teman khususnya.
Hadits 2 :
Dalam Shahih Muslim Juz 6
Hlm 324 Bab Fadhilatu Hafizh al-Qur’an (bab keutamaan orang yang
hafal alqur’an) :
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ
سَعِيدٍ وَأَبُو كَامِلٍ الْجَحْدَرِىُّ كِلاَهُمَا عَنْ أَبِى عَوَانَةَ - قَالَ
قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ - عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ عَنْ أَبِى
مُوسَى الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم مَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ الأُتْرُجَّةِ
رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا طَيِّبٌ وَمَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِى لاَ يَقْرَأُ
الْقُرْآنَ مَثَلُ التَّمْرَةِ لاَ رِيحَ لَهَا وَطَعْمُهَا حُلْوٌ وَمَثَلُ
الْمُنَافِقِ الَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ الرَّيْحَانَةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ
وَطَعْمُهَا مُرٌّ وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِى لاَ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ
كَمَثَلِ الْحَنْظَلَةِ لَيْسَ لَهَا رِيحٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ
Muslim – rahimahullah –
berkata : Qutaibah bin Sa’id dan Abu Kamil al-Jahdari keduanya meriwayatkan
kepada kami dari Abu ‘Awanah meriwayatkan – Qutaibah berkata : Abu ‘Awanah
meriwayatkan kepada kami dari Qatadah dari Anas dari Abu Musa al-Asy’ari ia
berkata telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam perumpamaan
mukmin yang membaca (menghafal) alqur’an adalah seperti buah utrujjah ,
aromanya harum dan rasanya lezat, sedangkan perumpamaan mukmin yang tidak membaca
(menghafal) alqur’an adalah seperti tamr (kurma), tidak ada aromanya tapi
rasanya manis, sedangkan perumpamaan munafiq yang membaca alqur’an seperti buah
raihanah , aromanya harum tapi rasanya pahit, sedangkan perumpamaan munafiq
yang tidak membaca alqur’an seperti buah hanzholah , tak ada aromanya dan
rasanya pahit.
Hadits 3 :
Shahih Muslim Juz 6 hlm 330
Bab Fadhlu Qiraatil Qur’an wa
suuratil Baqarah ( bab tentang Keutamaan membaca Alqur’an dan Surat
Albaqarah )
حدثني
الحسن بن علي الحلواني حدثنا أبو توبة ( وهو الربيع بن نافع ) حدثنا معاوية ( يعني
ابن سلام ) عن زيد أنه سمع أبا سلام يقول حدثني أبو أمامة الباهلي قال
: سمعت رسول
الله صلى الله عليه و سلم يقول اقرؤوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه
Imam Muslim meriwayatkan dari Hasan bin Ali
al-Halwaani ia berkata bahwa Abu Taubah yaitu ar-Rabiie’ bin Nafi’ meriwayatkan
kepadanya bahwa Mu’awiyah bin Salam meriwayatkan kepadanya bahwa Zaid
meriwayatkan kepadanya bahwa Ia ada mendengar dari Abu Salam bahwa Abu Umamah
al-Bahily berkata : Aku mendengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
bersabda : bacalah Alqur’an karena sesungguhnnya ia akan datang kelak pada hari
kiamat memberikan syafaat kepada orang-orang yang suka membacanya
Hadits 4 :
Dalam Kitab Sunan at
Tirmidzi Juz 8 Hlm 231
:
حدثنا أحمد بن منيع حدثنا جرير عن قابوس بن أبي
ظبيان عن أبيه عن ابن عباس قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم إِن الذِي لَيْسَ
فِيْ جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنَ القُرآنِ كَالبَيْتِ الخَرِبِ
قال
هذا حديث حسن صحيح
Imam At Tirmidzi
berkata bahwa Ahmad bin Manie’ telah meriwayatkan kepadanya bahwa Jarir telah
meriwayatkan kepadanya dari Qaabuus bin Abi Zhibyaan dari Ayahnya dari Ibnu
Abbas radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasllam telah bersabda : sesungguhnya orang yang tak ada sedikitpun didalam
hatinya Alqur’an (tidak ada hafalannya) seperti rumah yang hancur tak
berpenghuni ” Imam At Tirmidzi berkata : Hadits ini Hasan dan Shahih
Hadits 5 :
Dalam Kitab Sunan At
Tirmidzi Juz 8 hlm 227 hadits no 3076 dan Ibnu Majah
dalam Sunan nya Juz 4 hlm 239 hadits No 3781:
حدثنا نصر بن علي حدثنا عبد الصمد بن عبد الوراث
أخبرنا شعبة عن عاصم عن أبي صالح عن أبي هريرة : عن النبي صلى الله عليه و سلم قال
: يجيء القرآن يوم القيامة فيقول : يا رب حله فيلبس تاج الكرامة ثم يقول يا رب زده
فيلبس حلة الكرامة ثم يقول : يا رب ارض عنه فيرضى عنه فيقال له : اقرأ وارق وتزاد
بكل آية حسنة قال
أبو عيسى هذا حديث حسن صحيح
Imam at Tirmidzi
berkata : Nashar bin Ali telah meriwayatkan kepadanya bahwa ia mendapatkan
hadits dari Abdus Shomad bin Abdul Warits ia berkata bahwa Syu’bah telah
meriwayatkan kepadanya dari ‘Aashim dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dari Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam ia bersabda : pada hari kiamat Alqur’an datang dan
berkata : “ Wahai Tuhanku berikan kepadanya (yaitu Pembaca atau Penghafalnya ) perhiasan,
maka dipakaikanlah kepadanya Mahkota Kemuliaan , kemudian ia (alqur’an) berkata
kembali : Wahai Tuhanku tambahi perhiasannya , maka dikenakanlah kepadanya
Pakaian Kemuliaan , kemudian ia (alqur’an) berkata lagi : wahai Tuhanku ridhai
ia maka Allah pun meridhainya dan dikatakan kepadanya : baca terus dan naiklah
terus dan engkau akan ditambahi satu kebaikan setiap satu ayat yang engkau baca
“ Imam Tirmidzi berkata : ini hadits hasan dan shahih
ditambahkan
dalam Musnad Ahmad dalam riwayat
Buraidah al-Aslami hadits no 23000 :
ويكسى والداه حليتين لا تقوم لهما الدنيا فيقولان
بم كسينا هذا فيقال بأخذ ولدكما القرآن
Dan dipakaikan kepada
kedua orangtuanya – pada hari kiamat - dua stel pakaian indah yang tak kuat
ditahan dunia maka berkatalah keduanya :
apa yang menyebabkan kami mendapatkan pakaian ini ? maka dikatakan kepada
mereka : dengan apa yang telah diambil (dihafal) oleh anak kamu dari Alqur’an !
Hadits 6 :
Dalam Shahih Bukhari Juz 9
hlm 97 kitab no 66 Fadhail al-Qur’an Bab no 23 Istidzkaar
al Qur’an wa ta’aahuduhu ( Menghafal Alqur’an dan Menjaganya )
حدثنا عبد الله بن يوسف أخبرنا مالك عن نافع عن ابن
عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال ) إنما
مثل صاحب القرآن كمثل صاحب الإبل المعلقة إن عاهد عليها أمسكها وإن أطلقها ذهبت(
Bukhari berkata bahwa
Abdullah bin Yusuf telah meriwayatkan kepadanya bahwa Malik telah meriwayatkan
kepadanya dari Nafi’ dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda : sesungguhnya seorang penghafal
alqur’an itu laksana seorang pemilik unta yang diikatnya, apabila ia terus
mengikatnya maka ia dapat menahannya tetapi bila ia lepaskan ikatannya maka
akan terlepaslah unta itu.
Hadits 7 :
Dalam Shahih Bukhari Juz 9
hlm 96 kitab no 66 Fadhail al-Qur’an Bab no 22 alqira’ah ‘an zhahril qalbi (bab
tentang membaca alqur’an dari hafalan ) diriwayatkan pula oleh Imam Muslim
dalam Kitab an Nikah bab Mahar dan bolehnya menjadikan Pengajaran Alqur’an atau
cincin Besi sebagai mahar
حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا يعقوب بن عبد الرحمن عن
أبي حازم عن سهل بن سعد
: أن
امرأة جاءت رسول الله صلى الله عليه و سلم فقالت يا رسول الله جئت لأهب لك نفسي
فنظر إليها رسول الله صلى الله عليه و سلم فصعد النظر إليها وصوبه ثم طأطأ رأسه
فلما رأت المرأة أنه لم يقض فيها شيئا جلست فقام رجل من أصحابه فقال يا رسول الله
إن لم يكن لك بها حاجة فزوجنيها فقال ( هل عندك من شيء ) . فقال لا والله يا رسول
الله قال ( اذهب إلى أهلك فانظر هل تجد شيئا ) . فذهب ثم رجع فقال لا والله يا
رسول الله ما وجدت شيئا قال ( انظر ولو خاتما من حديد ) . فذهب ثم رجع فقال لا والله
يا رسول الله ولا خاتما من حديد ولكن هذا إزاري - قال سهل ما له رداء - فلها نصفه
فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( ما تصنع بإزارك إن لبسته لم يكن عليها منه
شيء وإن لبسته لم يكن عليك شيء ) . فجلس الرجل حتى طال مجلسه ثم قام فرآه رسول
الله صلى الله عليه و سلم موليا فأمر به فدعي فلما جاء قال ( ماذا معك من القرآن )
. قال معي سورة كذا وسورة كذا وسورة كذا عدها قال ( أتقرؤهن عن ظهر قلبك ) . قال
نعم قال ( اذهب فقد ملكتكها بما معك من القرآن (
Bukhari -rahimahullah-
berkata bahwa Qutaibah bin Sa’id meriwayatkan kepadanya bahwa Ya’qub bin
Abdurrahman meriwayatkan kepadanya dari Abu Hazim dari Sahal bin Sa’ad bahwa
seorang wanita datang kepada Rasulullah dan berkata : Wahai Rasulullah Aku
datang untuk menyerahkan diriku kepadamu – agar Rasulullah menikahinya – maka
Rasulullah pun memperhatikan wanita tersebut dengan seksama kemudian
Rasullullah menundukkan kepalanya sehingga ketika sang wanita lama tidak
mendapatkan keputusan apapun dari Rasulullah ia pun duduk. Kemudian berdirilah
salah seorang sahabat dan berkata : wahai Rasulullah bila engkau tidak
berkehendak kepadanya maka nikahkan ia denganku maka Rasulullah bertanya
kepadanya : apakah engkau mempunyai sesuatu ? Ia menjawab : Tidak wahai
Rasulullah demi Allah maka Rasulullah berkata : pergilah kepada keluargamu dan
carilah mungkin engkau dapatkan sesuatu , maka ia pun pulang dan kembali lagi
kemudian berkata : Tidak ada wahai Rasulullah tak kudapatkan sesuatupun, maka
Rasulullah berkata : carilah lagi walaupun hanya sebentuk cincin dari besi ! Ia
pun pergi dan kembali lagi dan berkata : Demi Allah tak ada wahai Rasulullah
walau hanya sebentuk cincin besi akan tetapi ini aku punya sepotong sarung
(pakaian untuk menutupi bagian bawah tubuh) kuberikan kepadanya separuh ! maka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun berkata : bagaimana mungkin sarung
itu ? bila sedang engaku pakai maka ia tak mendapatkan sesuatu yang dapat
menutupinya dan bila ia sedang memakainya tak ada sesuatu yang dapat engkau
kenakan ? maka duduklah Sang Lelaki tersebut hingga agak lama kemudian ia pun
berdiri dan ketika Rasulullah melihatnya pulang maka beliaupun memanggilnya dan
ketika datang Rasulullah memanggilnya
: apakah yang engkau miliki dari Alqur’an ? Ia berkata : Aku punya (hafalan)
Surat ini, surat ini dan surat itu , menyebutkan satu persatu surat yang
dihafalnya, Rasulullah bertanya : Adakah engkau hafal surat-surat itu ? Ia
menjawab : Ya ! maka Rasulullah pun berkata : pergilah dan telah kunikahkan
engkau dengan wanita itu dengan mahar hafalan alqur’an mu
Hadits 8 :
Diriwayatkan dalam Sunan Abu Daud bab no 23 bab fi tanziilin Naas
Manazilahum hadits No 4822 Juz 13 hlm 191 :
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ
الصَّوَّافُ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حُمْرَانَ أَخْبَرَنَا عَوْفُ بْنُ أَبِى
جَمِيلَةَ عَنْ زِيَادِ بْنِ مِخْرَاقٍ عَنْ أَبِى كِنَانَةَ عَنْ أَبِى مُوسَى الأَشْعَرِىِّ
قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ مِنْ إِجْلاَلِ اللَّهِ
إِكْرَامَ ذِى الشَّيْبَةِ الْمُسْلِمِ وَحَامِلِ الْقُرْآنِ غَيْرِ الْغَالِى فِيهِ
وَالْجَافِى عَنْهُ وَإِكْرَامَ ذِى السُّلْطَانِ الْمُقْسِطِ
Imam Abu Daud berkata bahwa ia mendapatkan riwayat dari
Ishaq bin Ibrahim ash Shawwaf yang berkata bahwa ia mendapatkan riwayat dari
Abdullah bin Humran yang berkata bahwa ia mendapatkan riwayat dari Auf bin Abu
Jamilah dari Ziyad bin Mikhraq dari Abu Kinanah dari Abu Musa al-Asy’ari ia
berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : sesungguhnya
termasuk (perbuatan) yang mengagungkan Allah Ta’ala adalah memuliakan seorang
Muslim Lansia, dan Penghafal Alqur’an yang tidak kelewatan ketat atau longgar
(dalam amalnya) dan menghormati Penguasa yang Adil
Hadits 9 :
Hadits diriwayatkan oleh
Ibnu Majah dalam Sunan Ibnu Majah bab 16 : bab keutamaan orang yang mempelajari
dan mengajarkan Alqur’an Juz 1 hlm 141 , diriwayatkan pula oleh at Tirmidzi
dalam bab Fadhlu Qari’ Alquran (keutamaan Qari’ al-qur’an) akan
tetapi hadits ini Dhaif
seperti disebutkan oleh Imam Tirmidzi dalam Sunannya serta senada dengan
penilaian Syaikh Albani.
حدثنا
عمرو بن عثمان بن سعيد بن كثير بن دينار الحمصي . حدثنا بن محمد بن حرب عن أبي عمر
عن كثير بن زإذان عن عاصم بن حمزة عن علي بن أبي طالب قال : قال
رسول الله صلى الله عليه و سلم ( من قرأ القرآن وحفظه أدخله الله الجنة وشفعه في
عشرة من أهل بيته . كلهم قد استوجب النار )
Imam Ibnu Majah meriwayatkan dari ‘Amru
bin Utsman bin Said bin Katsir bin Dinar al Homshi bahwa ia berkata bahwa
Muhammad bin Harb telah meriwayatkan kepadanya dari Abu Umar dari Katsir bin
Zadan dari Ashim bin Hamzah dari Ali bin Abi Thalib ia berkata bahwa Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasllam bersabda : “ barangsiapa membaca dan menghafal
Alqur’an maka Allah akan memasukkannya ke surga
dan menerima syafaatnya untuk 10 orang keluarganya padahal semua mereka
sebenarnya seharusnya masuk neraka “
“Alhamdulillah , selesai
dikumpulkan dan diterjemahkan pada hari Maulid , Selasa 12 Rabiul Awwal 1435 H
bertepatan dengan 14 Januari 2014 washallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa’alaa
aalihi washahbihi wasallam”.
Sumber Kepustakaan :
1. Shahih al-Bukhari dengan Fathul Baari cetakan Daar al-Kutub al-Ilmiyah cet
I tahun 1410 H/ 1989 M
2. Shahih Muslim dengan Syarah Nawawi cetakan Daar al-Ma’rifah Beirut cet III
tahun 1417 H/1996 M
3. Sunan Abu Daud dengan Syarah
Aunul Ma’bud cetakan Daar al-Fikri Beirut cet III tahun 1399 H/1979 M
4. Sunan at-Tirmidzi dengan Syarah Tuhfatul Ahwadzi cetakan Maktabah Salafiyah
Madinah al-Munawwaroh cet II tahun 1387 H/ 1967 M
5.
Sunan Ibnu Majah dengan Syarah
as-Sindi cetakan Daar al-Ma’rifah Beirut cet II tahun 1418 H/ 1997 M
6. Program Perpustakaan Digital Maktabah as-Syamilah ver 3.48 didistribusikan
oleh www.arrawdah.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar